TBJ Gelar Teater Monolog, Dengan Penerapan Protokol Kesehatan

Share This Story !

EXIST JAMBI NEWS, Jambi – Monolog merupakan salah satu bentuk ruang permainan untuk melihat kepiawaian seorang aktor untuk memerankan beberapa adegan dari naskah yang ada. Saat ini masih ada keterbatasan tempat atau even kegiatan untuk mengeksplore seni peran individu ini jika dibandingkan dengan pementasan teater pada umumnya.


Atas dasar inilah Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Jambi melalui UPTD Taman Budaya Jambi (TBJ) akan menyelenggarakan Festival Teater Remaja (FTR) Monolog tahun 2020, sebagai tempat pembelajaran untuk menampilkan kreativitas, mengapresiasikan seni peran satu orang atau monolog.

“Selain itu, kegiatan ini juga bertujuan sebagai wadah apresiasi seni teater bagi pelajar, mahasiswa, komunitas teater dan masyarakat umum. sebagai sarana pengenalan budaya dan pendidikan melalui seni teater karya-karya Putu Wijaya, memberikan tuntunan positif bagi para pelajar dan umum melalui seni pertunjukkan serta sebagai sarana peningkatan apresiasi dan kreativitas untuk pengembangan kemampuan di bidang keteateran.
Sakti Alam Watir salah satu tokoh peduli seni Jambi menuturkan, FTR Monolog 2020 ini terbuka untuk pelajar, mahasiswa dan umum dengan Perlombaan ini tidak dipungut biaya (gratis), peserta lomba adalah perseorangan atau kelompok yang berdomisili di Provinsi Jambi, bentuk garapan bebas dengan durasi maksimal pementasan 10 menit.
Sejumlah ketentuan lomba yang harus ditaati peserta, panitia pelaksana berhak menentukan dewan juri, keputusan juri mutlak dan tidak dapat diganggu gugat. Pelaksanaan technical meeting dan festival tetap menerapkan protokol kesehatan yang sudah ditetapkan. kegiatan FTR Monolog ini akan digelar dengan menerapkan protokol kesehatan secara Virtual, katanya Sabtu (10/10/2020).

Tentang pelaksanaan lomba di mulai pada tanggal 12 hingga 14 Oktober 2020. dan para pemenang berhak memperoleh hadiah berupa, piagam serta uang pembinaan dengan jumlah total sebesar Rp. 16.000.000.tuturnya

selain itu mengenai dewan juri yang telah ditunjuk adalah, Rahman Sahbur, Eem Yogis Suara dan Putra Agung, dengan peserta 33 orang, meliputi, Kota Jambi, kota Sungai Penuh, kabupaten Kerinci, Ma Jambi, Tanjabtim dan Tanjabbar. sementara itu Kabupaten Sarolangun, Merangin dan Tebo belum dapat imformasi tentang kehadiran dan keikutsertaannya pada Fastval Teater Monolog tersebut, untuk technical metting dan pencabutan nomor undian peserta yaitu, pada hari Minggu 11 Oktober 2020.
Sakti Alam Watir berharap, semoga dunia seni Jambi akan terus terbangun dan bergerak, karena dunia teater merupakan apresiasi belajar hidup ber etika, jadi para pemuda dan pelajar mari nanton teater secara virtual yang di selenggarakan oleh Taman Budaya Jambi dan di dukung oleh kementerian pendidikan dan kebudayaan, ungkapnya

Sementara itu Navid. SH Ketua Karang Taruna Provinsi Jambi mengatakan, “Sangat mendukung kegiatan teater monolog tersebut, sebab ini patut diberi apresiasi dan perhatian khusus untuk berlansung nya kegiatan positif seperti ini, pungkasnaya, (Yazid)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *