Pangkoarmada II Lepas KRI Bimasuci Lattek “Kartika Jala Krida” Taruna Taruni AAL

Share This Story !

ExistJambiNews,Surabaya – Panglima Komando Armada (Pangkoarmada) II Laksda TNI Heru Kusmanto didampingi Ketua Daerah Jalasenastri Armada II Ny. Yayuk Heru Kusmanto bersama Gubernur AAL Laksda TNI Edi Sucipto yang didampingi Ibu Asuh Taruna AAL Ny. Eni Edi Sucipto resmi melepas keberangkatan KRI Bima Suci dalam mendukung Latihan Praktek (Lattek) Kartika Jala Krida Taruna AAL Angkatan ke-67, di Dermaga Madura Ujung Surabaya, pada Sabtu (26/09/2020).

Lattek pelayaran yang akan menempuh jarak 9.910 NM ini diikuti oleh 85 Taruna/Taruni AAL, terdiri 75 orang Taruna dan 10 orang Taruni Tingkat III Angkatan ke-67 menggunakan KRI Bima Suci yang dikomandani oleh Letkol Laut (P) Waluyo.

Dalam sambutannya Heru-sapaan karib orang nomor satu di Koarmada II ini mengatakan, “KRI Bima Suci akan melaksanakan pelayaran ke seluruh wilayah Indonesia guna mendukung Lattek bagi 85 Taruna/Taruni AAL Tingkat III Angkatan ke-67, dengan rute tempuh mulai dari Surabaya, Lampung, Padang, Sabang, Belawan, Tanjung Uban kemudian naik ke Ranai, Tarakan, Bitung, Sorong, Tual, Kupang dan kembali ke Surabaya“ ungkapnya.

“Kegiatan lattek layar ini memakan waktu 98 hari, akan dimanfaatkan oleh para Taruna/Taruni untuk mengimplementasikan seluruh materi pelajaran yang sudah diberikan di kelas, serta untuk menambah wawasan mengenal budaya di wilayah yang disinggahi. Selain itu, selama pelayaran juga akan singgah di pulau-pulau terpencil dan terluar seperti Pulau Rondo, Berhala, Miangas, Marore dan juga Pulau Rote untuk memberikan bantuan sembako maupun material kesehatan yang dibutuhkan masyarakat ataupun prajurit TNI AL yang tergabung dalam Satgaspam di pulau terluar tersebut“ lanjut Heru.

Heru juga menambahkan, “Selama pelayaran akan selalu menerapkan protokol kesehatan dengan kedisiplinan yang tinggi. karena saat ini mereka sudah melaksanakan tes Swab dua kali dan dinyatakan negatif. Harapannya nanti pada saat kembali pada tanggal 2 Januari 2021 kondisi mereka tetap sehat dan negatif jauh dari covid-19, “ pungkas Laksda Heru

(Hdx/Pen2).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *