Konflik Kepemilikan Tanah Tak Kunjung Usai, Warga Perumahan Mendalo Residence Dirugikan

Share This Story !

EXISTJambiNews.com, Jambi – Nasib miris dialami puluhan warga Perumahan Mendalo Residence, Desa Simpang Sungai Duren, Rt 8 Kecamatan Jaluko, kabupaten Muaro Jambi.

Sejak lima tahun yang lalu tepat nya tahun 2015 mereka mendiami pemukiman tersebut,  belum mendapatkan fasilitas jalan umum yang layak di pemukiman setempat.

Selama ini, akses jalan menuju perumahan sepanjang sekitar satu kilometer hanya berupa tanah merah. Jika sedang hujan, dapat dipastikan mereka harus berjuang keras agar bisa melintas dan bermandi lumpur.

Kini, jalan masuk menuju perumahan tak lagi bisa dilalui kendaraan roda empat karena diportal dan dibuat lobang oleh pemilik tanah.

Aksi ini dilakukan diduga akibat adanya konflik pemilik tanah dengan developer yang membangun perumahan tersebut.

Berdasarkan pantauan dilapangan, pemilik lahan memportal jalan dan sengaja menggali jalan tersebut agar tidak bisa dilintasi kendaraan roda empat milik warga perumahan.

“Kami warga di Perumahan Mendalo Residence ini, yang menggunakan mobil tidak bisa lewat, jalan sudah digali dan terputus. kami berharap kepada penegak hukum, pemerintah setempat dapat membantu masyarakat disini,” kata Agung, warga perumahan Mendalo Residence

Ia menuturkan, konflik antara pemilik lahan dan developer telah terjadi sejak 3 bulan yang lalu, bahkan sudah dilaporkan warga ke aparatur desa dan pihak Kepolisian setempat, tapi tak kunjung selesai.

“Kami minta agar ada upaya dari Pemkab Muaro Jambi untuk menyelesaikan konflik antara pemilik tanah dan dengan developer perumahan, karena mereka (Pemkab) yang menerbitkan izin pembangunan perumahan. Kalau soal pembangunan jalan agar bisa diperbaiki,

Hingga saat ini warga perumahan Mendalo Residence tidak bisa lewat dengan leluasa karena adanya galian sedalam satu setengah meter dan mereka meminta pertanggung jawaban developer, Ia beraharap Bantulah kami aparat penegak hukum, developer,” katanya.

“Kami hanya berharap kepada pengembang atau Devlover akses jalan lancar dan bagus siapa pun pengembang nya”, katanya Kamis (17/9/2020)

Selain itu, warga Perumahan Mendalo Residence dibawah naungan PT Rimba Guna Makmur (RGM) mengharapkan adanya respon cepat dari pihak developer mengingat vitalnya akses jalan.

Saat ini sampai ada dua portal, portal pemilik tanah yang belum selesai urusannya dengan developer.

hasil pantauan EXISTJambiNews di lapangan, akses jalan yang terlihat saat ini belum dilapisi aspal semua, hanya sebagian saja yang di cor dari letak lobang yang digali berjarak 30 meter jelang sampai ke perumahan yang dihuni sekitar 30 kepala Keluarga dan beberapa mahasiswa yang mengontrak di perumahan tersebut.

Sementara itu Direktur Utama PT. Rimba Guna Makmur (RGM),  Muksin saat di jumpai sejumlah awak media mengatakan, semua persoalan jalan warga tersebut saat ini telah disampaikan kepada pemerintah setempat dan sudah dilaporkan ke penegak hukum,  Ia berharap adanya kepastian hukum atas persoalan tersebut, namun belum ada tindakan dan penyelesaian”, pungkasnya, (tim)

Jurnalis : Ferry Azkha

Editor : Yazid, Sid

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *