Karang Taruna Kecamatan Tanjung Pinang Jambi, Terbentuk 1978

Share This Story !

 ExistJambiNews,Jambi– Karang Taruna lahir pada tanggal 26 September 1960 di Kampung Melayu Jakarta, melalui proses Experimental Project Karang Taruna, kerjasama masyarakat Kampung Melayu/ Yayasan Perawatan Anak Yatim (YPAY) dengan Jawatan Pekerjaan Sosial/Departemen Sosial.

Pembentukan Karang Taruna dilatar belakangi oleh banyaknya anak-anak yang menyandang masalah sosial antara lain seperti anak yatim, putus sekolah, mencari nafkah membantu orang tua dsb.

Masalah tersebut tidak terlepas dari kemiskinan yang dialami sebagian masyarakat kala itu.

Navid, SH, mengutip dari sebuah Mingguan  terbesar di jambi, yang terbit tahun 1978, yaitu Mingguan Indpendent, memaparkan’

“Menelusuri jejak karang Taruna di Jambi, dalam sebuah media terbitan jambi tahun 1978 , yaitu Independent, yang sekarang menjadi Jambi independent, terkabar pada  tahun 1978 Karang Taruna Tanjung Pinang resmi terbentuk di Jambi, tepat nya di Tanjung Pinang pada waktu itu Bapak Drs.M.Sabki selaku kepala Kecamatan Jambi Timur ketika itu, berjalan nya waktu pada waktu itu beliau langsung memimpin rapat di balai Desa Tanjung Pinang yang sekarang masuk kawasan Kecamatan .Pasar.” Urainya.

Rapat pada waktu itu di hadiri oleh Kepala Kampung Bapak Muhhidualim,Ketua LSB, Ketua RT dan unsur unsur pemuda kampung Tanjung Pinang.

Dalam agenda Rapat tersebut telah sepakat memilih Formatur untuk menyusun ke pengurusan Karang Taruna  pada waktu yang terdiri dari Bapak Ishak Ardinal Bsc, A.Pane,Alwi Zakaria BA dan Suwardi.(Nury Andespar)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *