Cegah Covid-19, Korem 042/Gapu Gelar Rapid Test

Share This Story !

Exist Jambi News, JAMBI – Guna mencegah penyebaran Covid-19, Korem 042/Gapu menggelar rapid test bagi personel militer.

Hal tersebut disampaikan Kepala Penerangan Korem (Kapenrem) 042/Gapu, Mayor Inf RM. Hatta, dalam rilis tertulisnya di Makorem 042/Gapu Jambi, Jum’at (9/10/2020).

Diungkapkan Kapenrem, rapid test yang dilaksanakan oleh Tim medis dari Denkesyah 02.04.02 Jambi bertempat di Tribun lapangan Makorem 042/Gapu, dalam rangka memutus penyebaran Covid-19.

“Test ini perlu kita lakukan sebagai deteksi awal sekaligus mencegah penyebaran Covid-19 bagi seluruh personel,” ujarnya.

Sesaat sebelum kegiatan, Danrem 042/Gapu Brigjen TNI M. Zulkifli., menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan salah satu tindakan pengamanan dalam upaya mendeteksi dan mencegah secara dini penyebaran Covid-19 di lingkungan prajurit.

“Melalui test ini dapat diambil langkah-langkah lebih lanjut dalam mencegah penyebaran Covid-19 khususnya di lingkungan Korem 042/Gapu,” jelasnya.

Terkait hal itu, Danrem menekankan agar seluruh personel wajib melaksanakan rapid test terutama kepada anggota yang aktivitasnya tinggi.

“Jika hasil rapidnya terkonfirmasi reaktif akan berlanjut ke PCR Swab, hasil Swabnya terkonfirmasi positif Covid-19 maka akan menjalankan perawatan di tempat karantina dengan status Pasien Dalam Pengawasan (PDP),” jelasnya.

Disampaikan pula, bila ada personel yang terindikasi positif Covid-19 akan dilaksanakan pemeriksaan atau test Covid-19 terhadap anggota keluarga yang tinggal serumah dan akan dilakukan tracking terhadap orang-orang yang pernah kontak langsung baik dari personel itu sendiri maupun anggota keluarganya, sehingga penyebaran Covid-19 dapat dicegah.

“Mudah-mudahan kita semuanya sehat, hasil rapid test tidak ada yang reaktif,” harapnya.

Tak lupa dirinya mengingatkan, agar seluruh personel untuk selalu menjaga kesehatan diri dan keluarganya.

“Jaga imunitas tubuh, rajin berolahraga, konsumsi vitamin dan makanan bergizi,” tuturnya.

“Patuhi selalu protokol kesehatan dengan selalu memakai masker, jaga jarak dan rajin cuci tangan, agar virus mematikan ini jauh dari keluarga dan lingkungan kita,” pungkas Zulkifli (Oman Rohman)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *