Agenda Mensos di Jambi , Perekaman dan Penyerahan Hasil Rekaman NIK dan Penyerahan Komputer.

Share This Story !

ExistJambiNews, Jambi — Kunjungan Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini berma rombongan ke Jambi. yang direncanakan keberangkatannya pada Rabu (10/3) dari bandara Internasional dan menuju Bandara Sulthan Thaha pukul 08.55 dengan pesawat Garuda – GA 126.

Kunjungan yang direncanakan selama dua hari (10-11 / 3) dengan agenda utama mengunjungi SAD di Desa Jelutih , Kecamatan Bathin XXIV ,Kabupaten Batanghari, dengan agenda perekaman dan penyerahan hasil rekaman NIK Suku Anak Dalam.

Selain perekaman NIK, agenda mengunjungi SAD adalah akan menyalurkan bantuan dan pemasangan alat elektronik seperti komputer kepada Suku Anak Dalam saat kunjungan ke Jambi, Rabu 10 Maret 2021.

Selain komputer, Risma juga akan membuatkan Kartu Tanda Penduduk elektronik atau e-KTP bagi warga SAD.

Besok Insya Allah saya akan berangkat ke suku anak dalam di Jambi, kemudian minggu depan kita akan berangkat ke NTT. Kita akan bantu komputer di beberapa desa terpelosok,” kata Risma dalam Rapat Koordinasi Nasional Penanggulangan Bencana Tahun 2021 yang disiarkan melalui kanal YouTube BNPB Indonesia, Selasa 9 Maret 2021

Risma pun menjelaskan, nantinya pemasangan alat elektronik itu akan menggunakan perangkat yang tidak membutuhkan bahan bakar. Ia pun berharap dengan gagasan itu, para warga yang tinggal di daerah terisolasi mampu memulai digitalisasi dalam produktivitas kerja mereka.

Sebelumnya, Menteri Sosial Tri Rismaharini mantan walikota Surabaya ini beberapa saat lalu didampingi Dirjen Pemberdayaan Sosial Edi Suharto melantik Pengurus Nasional Karang Taruna dan Majelis Pertimbangan Nasional Karang Taruna masa Bhakti 2020-2025, dan Tri Rismaharani sendiri di struktur Karang Taruna sebagai Pembina Funfgsional Tingkat Nasional.

Menurut Navid, SH, yang juga Ketua Karang Taruna Provinsi. Jambi, yang sempat di hubungi mengenai keterkaitan Menteri Sosial dalam struktur Karang Taruna menjelaskan.

“Secara struktural, Menteri Sosial, menduduki posisi sebagai Pembina Funfgsional Tingkat Nasional, sedangkan untuk Tingkat Provinsi sebagai Pembina Fungsional adalah Kepala Dinas Sosial” jelas Navid, SH

Pembina Fungsional Tertinggi di Karang Taruna itu pun berharap pengenalan teknologi mampu merambah pasar mereka, sehingga produktivitas dalam daerah itu kemudian memiliki daya jual beli yang diharapkan mampu menjadi pencaharian tambahan masyarakat.

“Tuhan memberikan jalan ke saya, dulu saya bingung bagaimana mereka bisa akses kalau tidak ada listrik. Ternyata saya barusan jadi menteri ada genset yang tidak perlu menggunakan bahan bakar. Artinya di dalam hutan pun bisa kita gunakan itu,” jelasnya.

Untuk mempermudah akses internet dalam proses perekaman data untuk e-KTP, Risma juga mengaku telah meminta Kementerian Komunikasi dan Informasi (Kemkominfo) mengevaluasi akses jaringan internet hingga pedalaman Indonesia.

Ia juga berharap dengan akses internet yang kuat hingga ke daerah, maka setiap orang bisa langsung mengusulkan e-KTP secara daring tanpa harus datang ke RT/RW. Terkait situs ini, Risma mengatakan akan bekerja sama dengan perguruan tinggi di provinsi setempat.

Kunjungan Menteri Sosial selama dua hari, akan berakhir dengan kembali ke Jakarta pada (11/3/2021) pada pukul 12.35 WIB melalui Bandara Sulthan Thaha .

Jurnalis : M. Yazid

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *